Resensi Buku Media Pembelajaran
RESENSI BUKU
Oleh: Taufiq, S.Pd.
MEDIA PEMBELAJARAN SEBUAH PENDEKATAN BARU
Dinamika perubahan dan pengembangan teori-teori pembelajaran
sangat cepat dan sangat produktif, sehingga pembaharuan pendidikan sudah menga-lami
percepatan siklus dari sepuluh tahunan dan pada lima tahunan. Aspek-aspek yang
senantiasa menjadi perhatian para akademisi pendidikan antara lain kurikulum,
metode, strategi pembelajaran, dan penilaian pendidikan. Paradigma yang diusung
dalam perubahan perubahan tersebut adalah demokratisasi penyelenggaraan
pendidikan yang memperkuat pelibatan siswa, guru, orang tua dan masyarakat
dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan.
Untuk mewujudkan pendidikan yang melibatkan empat
komponen tersubut adalah (siswa, guru, orang tua, dan masyarakat) kehadiran
buku media pembelajaran sebuah pendekatan baru ini, menjadi sebuah momentum
yang sangat strategis, karena hadir disaat masyarakat pendidikan memerlukan
buku-buku serupa yang tidak saja menjadi sumber informasi untuk dijadikan
rujukan dalam pengembangan media dan sarana pembelajaran. Juga menjadi
inspirasi untuk pengembangan tulisan-tulisan serupa sebagai perwujudan dari
kreatifitas dan inovasi para praktisi pendidikan. Para peneliti maupun akademisi
pendidikan untuk melahirkan karya-karya serupa, bahkan untuk mendorng
teori-teori tersebut menjadi sebuah regulasi, sehingga lebih dimanfaatkan
secara lebih luas dalam upaya melakukan perbaikan proses pembelajaran.
Buku ini ditulis oleh Yudhi
Munadi, yang saat ini menjabat ketua laboratorium pembelajan Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syariat Hidayatullah, yang sejak awal
menggeluti media dan sarana pembelajaran. Penulis memiliki talenta yang sangat
kuat dalam Ilmu Media Pembelajaran ini, sehingga hampir semua yang beliau tulis
adalah tentang pendidikan dan fokus pada media.
Pendekatan baru yang dita-warkan
oleh Yudhi Munadi ini membuat media pendidikan semakin terbuka dan tidak
semata-mata berorientasi pada teknologi tinggi. Pendekatan yang lebih
komprehensif dan lebih humanis, dalam buku ini membuatnya layak dijadikan
rujukan oleh mahasiswa ilmu pendidikan dan dijadikan pedoman oleh para praktisi
pendidikan.
Dari pendekatan yang ditampilkan
memberikan wawasan atau pengetahuan kepada guru untuk dapat dengan mudah
merencanakan dan menciptakan media yang dapat digunakan dalam proses
pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan siswa, materi, indikator yang akan
dicapai dalam kondisi yang ada, sehingga tercipta lingkungan belajar yang
kondusif karena media dalam pembelajaran adalah “Bahasa Guru”.
Komentar
Posting Komentar