Resensi Buku Media Pembelajaran


RESENSI BUKU
Oleh: Taufiq, S.Pd.

MEDIA PEMBELAJARAN SEBUAH PENDEKATAN BARU


        Dinamika perubahan dan pengembangan teori-teori pembelajaran sangat cepat dan sangat produktif, sehingga pembaharuan pendidikan sudah menga-lami percepatan siklus dari sepuluh tahunan dan pada lima tahunan. Aspek-aspek yang senantiasa menjadi perhatian para akademisi pendidikan antara lain kurikulum, metode, strategi pembelajaran, dan penilaian pendidikan. Paradigma yang diusung dalam perubahan perubahan tersebut adalah demokratisasi penyelenggaraan pendidikan yang memperkuat pelibatan siswa, guru, orang tua dan masyarakat dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan. 
Untuk mewujudkan pendidikan yang melibatkan empat komponen tersubut adalah (siswa, guru, orang tua, dan masyarakat) kehadiran buku media pembelajaran sebuah pendekatan baru ini, menjadi sebuah momentum yang sangat strategis, karena hadir disaat masyarakat pendidikan memerlukan buku-buku serupa yang tidak saja menjadi sumber informasi untuk dijadikan rujukan dalam pengembangan media dan sarana pembelajaran. Juga menjadi inspirasi untuk pengembangan tulisan-tulisan serupa sebagai perwujudan dari kreatifitas dan inovasi para praktisi pendidikan. Para peneliti maupun akademisi pendidikan untuk melahirkan karya-karya serupa, bahkan untuk mendorng teori-teori tersebut menjadi sebuah regulasi, sehingga lebih dimanfaatkan secara lebih luas dalam upaya melakukan perbaikan proses pembelajaran.
Buku ini ditulis oleh Yudhi Munadi, yang saat ini menjabat ketua laboratorium pembelajan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syariat Hidayatullah, yang sejak awal menggeluti media dan sarana pembelajaran. Penulis memiliki talenta yang sangat kuat dalam Ilmu Media Pembelajaran ini, sehingga hampir semua yang beliau tulis adalah tentang pendidikan dan fokus pada media. 
Pendekatan baru yang dita-warkan oleh Yudhi Munadi ini membuat media pendidikan semakin terbuka dan tidak semata-mata berorientasi pada teknologi tinggi. Pendekatan yang lebih komprehensif dan lebih humanis, dalam buku ini membuatnya layak dijadikan rujukan oleh mahasiswa ilmu pendidikan dan dijadikan pedoman oleh para praktisi pendidikan.
Dari pendekatan yang ditampilkan memberikan wawasan atau pengetahuan kepada guru untuk dapat dengan mudah merencanakan dan menciptakan media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan siswa, materi, indikator yang akan dicapai dalam kondisi yang ada, sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif karena media dalam pembelajaran adalah “Bahasa Guru”.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penutupan Pondok Ramadhan di MTs. Darussalam Kanten

Haflah Akhirussanah Kelas IX MTs Darussalam Tapel 2015/2016